Minggu, 20 November 2016

Cara Cepat Mencegah Cacar Air Terhadap Anak

Ketika anak-anak merasa tidak nyaman saat terserang cacar air, berikut tips-tips cara cepat mencegah cacar air terhadap anak dan panduan dasar agar anak anda merasa lebih nyaman serta pengobatan alami yang bisa anda gunakan untuk meredakan gatal dan menghilangkan bekas luka cacar air walaupin umumnya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun, ada beberapa panduan yang bisa anda coba untuk membuat anak anda merasa lebih nyaman selama tubuhnya berjuang mengatasi infeksi virus. 


Berikut langkah-langkah untuk mengetahui informasi tersebut:

1. Liburkan anak anda dari kegiatan sekolah.
Ketika anak anda terkena penyakit cacar air alangkah baiknya anak anda liburkan terlebih dahulu dari sekolahnya, karena saat anak anda menderita cacar air dengan mudahnya penyakit tersebut dapat menularkan terhadap anak-anak lain yang belum pernah terinfeksi atau belum pernah mendapatkan vaksin cacar air. Sebaiknya anak anda juga harus banyak beristirahat sehingga dapat pulih lebih cepat dan siapkan film kesukaannya dan minta dia untuk berbaring si shofa atau tempat tidur saja.
. biarkan anak anda beristirahat di rumah selama paling tidak 5 hari setelah bintil cacar yang pertama muncul
. anda juga harus memperhatikan bintil-bintil cacar air setelah mengering, anak anda dapat kembali bersekolah. Waktu yang dibutuhkan hingga bintil-bintil cacar air mengering mungkin lebih dari 5 hari.

2. Minta anak anda untuk mandi air dingin.
Mandi air dingin sangat baik untuk kesehatan anak anda karena dapat membantu meredakan rasa gatal pada kulit anak anda sekaligus membuatnya merasa lebih nyaman selama sakit. Anda juga boleh membiarkannya mandi atau beredam air hangat jika dia tidak suka mandi air dingin, hanya saja jangan biarkan anak anda mandi air panas, karena air panas bisa membuat kulitnya kering dan memparah rasa gatal akibat cacar air.

3. Potong kuku anak anda untuk menghindari luka cakaran pada kulit.
Walaupun terdengar aneh, potong kuku berguna untuk menghindari cakaran pada bagian tubuh anak anda yang terkena cacar air. Kuku yang pendek akan memastikan dia tidak akan membuat bintil cacar air pecah karena ketika anak anda terkena cacar air dan tidak memotong kuku luka anak anda yang terbuka akan akan lebih mudah terinfeksi.
Jika bayi anda terinfeksi cacar air, pasangkan sarung tangan bayi untuk mencegahnya mencakar bintil-bintilnya.


4. Berikan antihistamin untuk meredakan gatal.
Obat ini berguna untuk mencagah penyakit yang disebabkan oleh ruam dan bintil-bintil yang muncul akibat cacar air yang membuat anak anda merasa sangat tidak nyaman. Antihistamin yang dijual bebas dapat membantu meredakan gatal dengan mengurangi bengkak pada bintil-bintil tersebut. Sebelum memberikan antihistamin ke anak anda alangkah baiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter. Berikut beberapa anithishim yang dijual bebas dan lazim digunakan antara lain:
< Zyrtec
< Claritin
< Allegra
< Benadryl

5. Gunakan krim asiklovir.
Selain obat yang disebutkan tadi ada obat lain agar anda cepat sembuh dari penyakit cacar air yaitu obat krim asiklovir. Obat ini obat antivarial yang dapat menghambat penyebaran virus dan meredakan gejala seperti ruam dan bintil-bintil pada cacar air. Pengobatan ini umumnya dimuali antara 24-48 jam setelah ruam timbul. Untuk mendapatkan obat ini anda harus meminta kepada resep ini kepada dokter, asiklovir juga tersedia dalam sediaan krim namun, obat ini umumnya tidak disarankan bagi anak-anak yang sehat.
. Anak-anak dengan berat badan lebih dari 40 kg harus diberi asiklovir dosis dewasa yaitu 800 mg 4 kali sehari selama 5 hari.
. untuk anak-anak berusia 2 tahun atau lebih dosisnya 20 mg/kg berat badan per oral 4 kali dalam sehari, atau 80 mg/kg berat badan/hari selama 5 hari.

6. Cukupi kebutuhan cairannya.
Pastikan anak anda banyak minum air, terutama jika dia demam atau merasa tidak enak badan. Minum banyak air dapat membantu membersihkan tubuhnya dan membantu kulitnya tetap lembab, sehingga mengurangi rasa gatal yang dia rasakan, serta membantu penyembuhan luka cacr air.
< minta anak anda untuk minum 8 hingga 10 gelas air setiap hari
< jika dia tidak mau minum air putih biasa, berikan jus buah dan minuman dingin lainnya,

7. Berikan vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.
Vitamin C sangat baik untuk kesehatan tubuh anak anda dan juga banyak manfaatnya, karena vitamin C akan mencegah penyakit cacar air yang disebabkan oleh infeksi firus, daya tahan tubuh yang kuat dapat membantu melawan infeksi dan mempercepat pemulihan tubuh dari penyakit. Pastikan  makanan vitamin C seperti berikut:
. Buah-buahan lainnya seperti kiwi, stroberi, dan pepaya
. Beraneka macam buah jeruk
. Sayuran seperti brokoli, bayam, dan kale.

8. Beri teh herbal.
Teh ini juga dapat membantu mempercepat mengobati cacar air karena teh herbal dapat membantu menenangkan luka tenggorokan akibat cacar air sekaligus mencukupi kebutuhan cairan. Pastikan untuk memberikan teh yang sudah sedikit dingin agar tidak terluka dan bisa juga bisa menambahkan dengan madu untuk membuat minuman ini terasa lebih manis dan mempercepat pemulihan. Teh yang cocok antara lain:

< Teh pepermin
< Teh daun tulsi
< Teh kmomil 

9. Usapkan es batu pada bagian yang gatal.
Jika anak anda merasa gatal pada bagian tubuhnya, anda bisa  mengusapkan es batu pada bagian yang terasa gatal untuk menengkannya. Es batu ini juga dapat membantu meredakan gatal dan bengkak pada bagian yang sakit. Berikut bagian tubuh yang harus diusapkan:
- Pijat lembut bagian yang terasa gatal dengan es batu selama 10 menit.

10. Berikan parasetamol untuk meredakan nyeri akibat cacar air.
Parasetamol juga cara cepat mencegah meredakan nyeri akibat cacar air dan pereda nyeri penurun demam, Obat ini dapat meredakan gejala yang menyertai cacar air seperti demam dan kehilangan nafsu makan. Namun, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum  memberikan obat apapun kepada anak anda.
  • dosis oral parasetamol untuk anak-anak ditentukan oleh berat badan dan usianya. Jika anak anda kurang dari 12 tahun, dosisnya adalah 10-15 mg/kg berat badan setiap 6-8 jam tidak lebih dari 2,6 gram atau 5 kali dalam sehari.
  • jika usia anak anda 12 tahun atau lebih, dosisnya adalah 40-60 mg/kg berat badan/hari berikan setiap 6 jam, tidak lebih dari 3,75 gram atau 5 kali dalam sehari.
  • anda juga boleh memberikan ibuprofen, namun jangan berikan aspirin kepada anak-anak.


Cara Cepat Mencegah Cacar Air Terhadap Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Selintya Ramadhani